BAHAYA !! Mata Bayi Bisa Buta Jika Terkena Kilatan Cahaya Lampu Flash Kamera



Hati-hati !! Jika anda hendak mengambil photo bayi anda, hendaklah matikan terlebih dahulu lampu flash kamera anda, karena seorang bayi di cina yang baru berumur 3 bulan mengalami kebutaan permanen disebabkan terkena kilatan cahaya flash dari kamera. Kejadian memilukan ini terjadi saat seseorang kerabat dari orang tua bayi itu mengambil photo sang bayi dari jarak dekat atau ” close-up ” serta lupa mematikan fitur cahaya flash pada kameranya. Dan juga diketahui, pada saat pengambilan photo, jarak kamera cuma berjarak sekitar 25 sentimeter dari wajah sang bayi..

Setelah di foto, mata sang bayi yang terkena cahaya flash tersebut langsung memerah, yang pada akhirnya dibawa ke rumah sakit untuk di check. Setelah dilakukan pemeriksaan medis, sang dokter menjelaskan bahwa cahaya flash dari kamera tersebut sudah mengakibatkan rusaknya permanen pada mata sang bayi.
Kerusakan berlangsung di bagian macula, yaitu bagian mata yang berfungsi juga sebagai pusat penglihatan. Menurut tim dokter yang memeriksanya, sekarang ini bayi itu mengalami pengurangan daya penglihatan pada mata sebelah kirinya, serta kebutaan keseluruhan pada mata kanannya. 


Perlu untuk diketahui, bagian macula pada mata bayi belum terbentuk dengan sempurna hingga mereka berumur 4 tahun., hal inilah yang membuat mata bayi sangatlah rentan pada cahaya yang sangatlah menyilaukan, contoh salah satunya adalah cahaya flash pada kamera. Karenanya ada kejadiaan seperti ini, diinginkan supaya semua orang tua lebih waspada saat mengambil photo bayi-bayi mereka, karena kecerobohan seperti ini nyatanya beresiko besar untuk masa depan sang bayi.