HEBAT !! Tukang Las ini Bekerja Dengan Bantuan Tangan Robot Buatannya Sendiri




I Wayan Sumardana alias Tawan adalah seorang pria berprofesi sebagai tukang las yang tangan kirinya menderita kelumpuhan sejak 6 bulan silam. Dengan hanya satu tangan yang bisa bergerak, tentu saja membuatnya kesulitan mengelas. Namun pria yang membuka bengkel lasnya di Desa Nyuhtebel, Karangasem, Bali ini tidaklah putus asa. Dia pun berputar otak, dengan kecerdasan dan keahliannya, pria lulusan Sekolah Teknologi Menengah (STM) ini pun merancang dan merakit sebuah tangan robot dari barang bekas yang kemudian digunakan untuk membantunya bekerja sehari-hari.


Didukung oleh keahliannya dalam memperbaiki barang elektronik dan sepeda motor, Tawan merakit sendiri tangan robotnya dari berbagai barang bekas, seperti gear, dinamo, accu dan komponen-komponen lain dari sepeda motor. Tawan menghabiskan waktu selama dua bulan untuk merakit tangan robotnya.

Tangan robot tersebut dikendalikan oleh Chip yang terpasang dikepalanya. Chip tersebutlah yang akan mengirimkan sinyal atau perintah-perintah melalui rangkaian kabel elektronik yang nantinya akan menggerakkan tangan robotnya. Karena dalam kesehariannya tawan menggunakan tangan robot, masyarakat disekitarnya pun menjulukinya si manusia robot.


Berkat tangan robot buatannya ini, tawan mampu bekerja sendiri untuk memenuhi kebutuhan hidup istri dan ketiga anaknya dengan mengelas dan mengumpulkan barang-barang bekas. LUAR BIASA !!

Sumber : http://foto.tempo.co