Hati-Hati Jika Sering Nyeri Di Area Perut !! Mungkin Anda Terkena Penyakit Kista



Jika Anda sering mengeluh karena mengalami rasa nyeri di area perut sampai menjalar ke bagian perut sisi bawah. Maka waspadalah, kemungkinan anda sedang mengalami peregangan jaringan akibat pembesaran kista.
Apa itu kista, berbahayakah bagi kesehatan anda?
Kista adalah tumor jinak di yang paling sering ditemui. Bentuknya kistik, berisi cairan kental, dan ada pula yang berbentuk anggur. Kista juga ada yang berisi udara, cairan, nanah, ataupun bahan-bahan lainnya.

Walaupun penyakit kista ini termasuk penyakit jinak, tetapi penyakit ini memiliki potensi untuk menjadi penyakit ganas. Dan apabila sudah menjadi seperti itu maka harus ditangani serius. Meskipun belum ganas, jika kista terplintir akan mengakibatkan rasa sakit dan perih yang luar biasa.

Penyakit kista merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi karena faktor keturunan. Namun tidak menutup kemungkinan penyakit kista ini dapat tumbuh dan berkembang pada rahim disebabkan kondisi lingkungan yang sudah tidak sehat akibat kontaminasi polusi maupun dari pola hidup yang tidak sehat.

Faktor yang mengakibatkan kista adalah gaya hidup tidak sehat, meliputi konsumsi makanan yang tinggi lemak dan kurang serat, zat tambahan dalam makanan, kurang berolahraga, kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol, terpapar polusi dan agen infeksius, stres, dan faktor genetik. Kemudian tanda dan gejalanya, umumnya sangat bervariasi dan tidak spesifik.

Kista tidak hanya terjadi pada wanita saja namun penyakit kista pada pria juga dapat terjadi. Jika pada perempuan kebanyakan kasus menunjukkan kista terjadi pada indung telur, lain halnya dengan kasus kista pada pria. Pada pria kista muncul tidak pada bagian indung telur namun dapat muncul pada daerah kulit, usus, dan juga paru-paru bahkan otak.

Berdasarkan keganasan penyebaran serta kerusakan kista dibagikan menjadi dua yaitu ;
1. Kista non-neoplastik
- Bersifat jinak
- Benjolan dapat mengepis serta hilang dengan sendirinya
- Tidak memerlukan operasi karena biasanya dalam waktu 2-3 bulan dapat sembuh

2. Kista neoplastik
- Bersifat berbahaya
-.Memerlukan tindakan operasi
-.Operasi dikerjakan sesuai dengan ukuran benjolan yang terdapat pada indung telur

Kenalilah ciri – ciri dan gejala dari penyakit kista :
Berikut ini adalah gejala yang sering muncul:

- Kembung, nyeri atau bengkak di perut.
- Nyeri saat buang air kecil.
- Nyeri di panggul segera sebelum atau setelah awal periode menstruasi
- Rasa sakit selama melakukan hubungan suami istri.
- Nyeri menstruasi melebihi biasanya.
- Mual atau muntah.
- Haid tidak teratur.
- Penambahan rambut wajah.
- Kehilangan nafsu makan, merasa kenyang setelah makan sangat sedikit.
- Rasa sakit tumpul terus-menerus pada salah satu atau kedua sisi panggul.

Apabila anda mengalami gejala seperti diatas, maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah anda positif terkena penyakit kista. Apabila ya, segeralah diobati sebelum penyakit anda bertambah parah.

Mohon SHARE,info ini ke semua orang.,
Semoga Bermanfaat..