AJAIB !! inilah Tradisi Tionghoa Menegakkan Telur Saat Perayaan Peh Cun / Bak Cang




Pada hari perayaan Peh Cun yang jatuh pada setiap tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek, ada hal yang menarik, dimana kita bisa meletakkan/menegakkan telur ayam mentah dalam posisi berdiri diatas lantai atau meja. Ini bisa dilakukan disepanjang hari Peh Cun.

Bagi yang ingin mencobanya lebih baik cari tempat yang rata dulu, dan cari posisi telur yang lonjong besar di bawah untuk memudahkan.

Syarat dan Kondisi Telur bagi anda yang ingin mencoba menegakkan telur:
-Telur tidak boleh direndam air
-Telur tidak boleh di masukan ke dalam kulkas
-Telur jangan direbus

Fenomena ini terjadi karena saat matahari memancarkan cahaya paling kuat, gaya gravitasi di tanggal ini adalah yang terlemah, sehingga menyebabkan telur ayam mentah bisa berdiri, saat ini matahari berada di “posisi istimewa”, yaitu tepat di atas khatulistiwa.

Konon menurut para ahli, pada tanggal tersebut posisi bulan tepat berada pada satu garis lurus dengan bumi sehingga gaya gravitasi bulan pada tengah hari akan tepat berada dibawah bumi sehingga kuning-kuning telur akan tertarik sedikit lebih rendah dibanding pada hari-hari biasa, hal ini yang membuat titik berat telur lebih ke bawah dan membantu sang telur berdiri pada ujung lancipnya. Dan karena penanggalan imlek mengandalkan peredaran bulan, maka momen tersebut akan selalu jatuh tepat tengah hari tanggal 5 bulan 5 imlek, sehingga tradisi “mendirikan telur” juga merupakan bagian dari festival budaya ini, selain tentunya menyantap Bakcang.
Selain bisa menegakkan telur, juga bisa mengapungkan jarum lho di atas permukaan air seperti yang ada di gambar diatas. Ajaib bukan?? :D :D :D